Headline Post

Deklarasi KOPI: Lahirnya Koalisi Blogger dan Jurnalis Online Anak Negeri


Setelah aksi nobar di bioskop 21 Blok M beberapa waktu lalu. Kini sebuah komunitas yang menamakan diri KOPI benar-benar lahir. KOPI atau Koalisi Online Pesona Indonesia yang beranggotakan para Blogger dan Jurnalis Online sepakat mendeklarasikan berdirinya. Maka pada kesempatan di bulan November ini, KOPI tidak saja mendeklarasikan diri tapi juga mengadakan sebuah workshop kepenulisan. Bertempat di hotel Oria, Menteng Jakarta Pusat, workshop dihadiri oleh sekitar 30an blogger dan jurnalis online. Turut diundang beberapa tamu dalam workshop. Di antaranya Bapak Asnawi dari ASITA, Bapak Iqbal Alamsyah dari biro humas Kemenpar dan Bapak Johnnie Sugiarto dari El John tour.
Workshop yang dinamai sebagai workshop forum sinergi pesona Indonesia bersama blogger dan jurnalis online ini akan semakin menguatkan keberadaan KOPI itu sendiri. Karena di event ini tidak sekadar workshop kepenulisan saja tapi di dalamnya dilakukan juga sebuah tanda tangan dan deklarasi bersama. Artinya KOPI benar-benar berdiri dan menjadi saksi dalam mengawal Indonesia secara positif lewat dunia jurnalis online dan blogger.


Seperti yang dikatakan Kak Arul, sebagai founder KOPI menjelaskan lebih lengkap tentang komunitas ini. Menurutnya kenggotaan KOPI tidaklah bersifat mengikat bagi setiap anggota dan dideklarasikan atas kesukarelawanan anggota. KOPI secara legalitas berada di bawah naungan Kabarindo Utama dan  AJOIN atau Aliansi Jurnalis Online Indonesia. Di mana KOPI akan bertindak sebagai citizen journalis dalam bentuk koalisi online  yang akan mewartakan/memberitakan/mem-publish berita yang bersifat good news. Adapun berita-berita yang akan dikedepankan adalah seputar kepariwisataan Indonesia. Seperti film, kuliner, destinasi wisata dan lain lain.

Hadirnya KOPI tidak saja sebagai ajang kumpul blogger dan jurnalis on line saja. Tapi dengan semangat merah-putihnya mencoba bersinergi dengan pihak-pihak yang mempunyai semangat bersama dalam memajukan Indonesia secara positif. Bahkan KOPI juga berencana meluaskan keanggotaannya di seluruh propinsi di Indonesia. Pernyataan itu ditegaskan oleh kak Arul sebagai sang inisiator KOPI.



Maka sesuai dengan isi deklarasi dari KOPI itu sendiri, ke depannya KOPI akan menjadi penggerak utama secara online untuk mempromosikan apa yang disebut sebagai pesona Indonesia. Adapun isi deklarasi KOPI terdiri dari tiga poin penting. Pertama, peduli merah putih dengan turut serta berperan aktif menginformasikan dunia pariwisata, perfilman, budaya, musik, fashion, dan kuliner Indonesia yang berbasis good news. Kedua, mengedepankan informasi positif mengenai pesona Indonesia untuk dunia. Ketiga, berupaya jadi saksi pertama kreativitas anak negeri dan akan mengapreasinya dalam bentuk tulisan persembahan untuk bangsa dan dunia.

Salam KOPI
Andik Irwanto

Belum ada Komentar untuk " Deklarasi KOPI: Lahirnya Koalisi Blogger dan Jurnalis Online Anak Negeri "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel