Headline Post

Kalian Penasaran ga sih Kira-kira Apa saja yang Muncul di Benak Google jika Kita Ketik dengan Tema Hutan?!

Jika kalian diajukan sebuah frasa atau satu kata saja deh, tentang ­hutan. Apa saja sih kira-kira yang terhubung di dalam benak kalian?! Atau satu kata apa yang terlintas di pikiran kalian?!

Jika disebut kata hutan di benak saya, paling tidak muncul kata-kata ini; sawit, global warming, green peace, penebangan liar dan Kalimantan. Setelah dipikir-pikir kata-kata itulah yang terpikir muncul. Cenderung bersifat ­minus atau negatif. Mungkin persepsi itulah yang terbentuk dipikiran saya mengenai hutan. Gimana denganmu?! Apakah sama?!

Search; hutan Indonesia

Jika di benak alam bawah sadar saya muncul kata-kata tersebut, kalian penasaran ga sih kira-kira apa saja yang muncul di benak google jika kita ketik dengan tema hutan, misal frasa kondisi hutan di kolom pencarian?!. Lalu apa saja yang google rangkum mengenainya. Mungkin data dari google inilah data yang obyektif dari setiap kepala manusia jika membahas hutan pun kondisinya.

And here we go...!

Pertama, saya coba ketiikan hutan Indonesia lalu muncullah penjelasan dari artikel berikut ini. Memang akan ada fakta yang membanggakan tapi juga menyisakan fakta yang mengkhawatirkan. Setidaknya dari sini kita tahu dan belajar bagaimana google menyanyikan kondisi hutan kita.

hutan indonesia merupakan paru-paru dunia

Hutan Indonesia Paru-Paru Dunia

Pertanyaanya kenapa hutan indonesia merupakan paru-paru dunia? hal ini dikarenakan hutan sebagai penyedia oksigen ( O2) untuk kebutuhan mahkluk hidup. Hutan Kalimantan merupakan salah satu paru paru dunia.

Di tahun 2013, Indonesia berada di peringkat ketiga hutan terluas versi data Forest Watch Indonesia (FWI). Maka, tidak heran jika kemudian Indonesia dijuluki Paru-paru Dunia. Setelah bertahun-tahun terlewati, apakah Indonesia masih layak menyandang gelar mulia tersebut?

Sangat disayangkan, hutan Indonesia kini menghadapi ancaman yang serius. Dikutip dari kbr.id, tim peneliti dari Duke University pada 2019 mengungkapkan bahwa tingkat deforestasi Indonesia masih tinggi sehingga mengundang kekhawatiran global. Salah satu bentuk deforestasi atau penghilangan hutan adalah dengan menebang pohon demi pembukaan lahan baru untuk keperluan industri.

Seakan mengamini hal tersebut, laman idntimes.com melansir data Food and Agriculture Organization (FAO) pada 2019 yang menjelaskan bahwa setiap harinya, terdapat sekitar 50 hektar hutan Indonesia mengalami kerusakan sejak 2007. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang mengalami kerusakan hutan tercepat.

Itu adalah hasil penelusuran dari website https://brainly.co.id  & https://www.its.ac.id

Kedua, saya lanjutkan penelusuran dengan kata kunci kondisi hutan. Dan kemudian google merekomendasikan dengan kalimat kondisi hutan Indonesia saat ini. Hasilnya sebagai berikut. 

Search; kondisi hutan Indonesia

Hasil pemantauan hutan Indonesia Tahun 2020 menunjukkan bahwa luas lahan berhutan seluruh daratan Indonesia adalah 95,6 juta Ha atau 50,9 % dari total daratan, dimana 92,5 % dari total luas berhutan atau 88,4 juta Ha berada di dalam kawasan hutan.

Kenapa permasalahan kehutanan di Indonesia masih terjadi? 

Salah satu penyebab penebangan hutan yang terus terjadi adalah karena lahan hutan yang berubah fungsi, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan perkebunan.  Ekonomi Indonesia yang masih sangat tergantung pada sumber alam. Kekayaan alam (hutan, tambang) masih menjadi pilar penyokong utama pemasukan di Indonesia.

Mengapa hutan di Indonesia mengalami kerusakan dan habis ditebang? 

Hutan Indonesia

Faktor penyebab deforestasi di Indonesia. Deforestasi di Indonesia sebagian besar merupakan akibat dari suatu sistem politik dan ekonomi yang korup, yang menganggap sumber daya alam, khususnya hutan, sebagai sumber pendapatan yang bisa dieksploitasi untuk kepentingan politik dan keuntungan pribadi.

Bagaimana solusi mengatasi permasalahan hutan di Indonesia?

Cara mengatasi penebangan liar hutan

Melakukan penyuluhan kepada masyarakat. Sangat penting untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Melakukan reboisasi atau penanaman kembali.

Perketat pengawasan dan pengendalian.

Mempertegas peraturan perundang-undangan.

Memberikan sanksi kepada pelaku.

Itu adalah beberapa gambaran sekaligus pernyataan tentang hutan Indonesia yang terlihat dan terangkum dalam mesin pencari google. Pastinya jauh lebih banyak dari yang saya cantumkan dalam tulisan ini. Setidaknya kita tahu bagaimana kondisi hutan Indonesia dan tantangannya saat ini.  

Nah untuk melengkapi rasa tanggungjawab kita dalam menjaga alam Indonesia khususnya hutan coba deh dengarkan lagu yang berjudul Dengar Alam Bernyanyi. Seperti apa lagunya? Nah via embed video dari official music videonya langsung deh coba dengarkan.

 

Namun yang lebih penting sih kalian coba dengarkan #DenganAlamBernyanyi ini di platform musik kalian entah di Spotify atau pun Apple Music. Kenapa emang?Dengan semakin banyak kita dengarkan makan akan semakin banyak royalti yang akan digunakan untuk perlindungan hutan di Indonesia. #TeamUpforImpact juga agar hutan Indonesia bisa terselamatkan. #IndonesiaBikinBangga sebagai paru-paru dunia karena #HutanKitaSultan sebagai harta alam yang tak ternilai keberadaan dan keberlangsungannya.

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Kalian Penasaran ga sih Kira-kira Apa saja yang Muncul di Benak Google jika Kita Ketik dengan Tema Hutan?!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel