Headline Post

Sebagai Pemuda Kita Punya Solusi Keren lho buat Nge-save Bumi ini!

 

Hallo para squad earth! #TeamUpImpact Kalian termasuk yang aware dan bahas-bahas tentang perubahan iklim nggak sih?! Apalagi kondisi cuaca super panas yang akhir-akhir ini menjadi jadi trending topic, so sangat relevan kan kalau perubahan iklim itu memang benar adanya. Perubahan iklim bakal mempengaruhi ke hidup kita sehari-hari. Ini beneran bukan "Netflix and chill" aja, ini "Planet Earth and chill". So, lihat fakta-faktanya, dapet dampaknya, dan tentunya solusinya. Kita bukan cuma penghuni bumi, tapi juga "caretakers’’.

source: kabarid

Fakta Perubahan Iklim yang saat ini:

1. Suhu Bumi makin Panas: Bumi ngeluarin aura panas ekstra nih. Suhu global naik gara-gara kita mainin gas rumah kaca. Hasilnya? Panas gak ketulungan dan cuaca jadi nggak konsisten banget. Berasa kan panasnya cuaca saat ini?!

2. Ombak Laut Naik Drastis: Permukaan air laut terus meninggi karena naik terus airnya. Gak cuma banjir aja, tapi juga nyusup ke daratan. Jadi, pantai-pantai kita pada diancem sama si air laut ini. Isu Jakarta tenggelam dan pemindahan ibukota jadi salah satu opsi solusinya.

3. Hutan Kehilangan Fungsinya: Hutan yang katanya paru-paru dunia, keberadaannya lagi gak karuan. Deforestasi bikin hutan makin sengsara menahan beban penyerapan karbon. Dan akhirnya kita kehilangan oksigen plus rumah buat makhluk hidup lainnya.

4. Kehidupan di Hutan Terancam: Hewan-hewan di hutan udah pada bingung, tempat tinggal dan makanan mereka diacak-acak. Lama kelamaan akan hilang alias punah.

5. Tanaman Terganggu: Tanaman juga kena, lho. Pola hujan yang gak jelas bikin mereka stres. Ga ada water therapy buat tanaman, yang ada justru kekeringan dan banjir.

 

Dampak Perubahan Iklim (source: infoPublik)

Lalu apa dampaknya buat kekehidupan kita? Sekain dampak langsung seperti cuaca panas seperti sekarang ternyata ada juga dampak jangka panjangnya lho. Di antaranya sebagai berikut.

1. Krisis Pangan: Pertanian kena dampak besar. Panas berlebih dan musim yang nggak karuan bikin hasil pertanian berkurang. Sayur mayur bisa jadi langka, dan yang ada harganya naik terus.

2. Kesehatan makin menurun: Perubahan iklim juga nyerang kesehatan kita. Penyakit baru bermunculan, udara yang gak bersih bikin kita lebih rentan sama penyakit pernapasan.

3. Bencana makin Sering: Banjir, kekeringan, badai super, semuanya datang kaya di drama Korea. Ini bukan kali pertama aja, tapi sering banget dan nggak bisa di-pause.

4. Cuaca tak Menentu: Cuaca jadi super nggak bisa ditebak. Kita bakal ngeliat musim panas yang lebih panjang dan musim dingin yang lebih dingin. Panas melulu atau dingin ketulungan.

Sebagai #MudaMudiBumi anak muda yang mendominasi popupasi saat ini solusi apa nih yang kalian tawarkan untuk mengurangi dampak perubahan iklim ini? Gak usah muluk-muluk dulu deh coba kita terapkan beberapa solusi dengan melakukan tindakan keren ini. Sudah siap buat jadi Pahlawan Bumi?! #UntukmuBumiku

 

1. Tanam Pohon.

Tanam pohon itu keren banget, apalagi kalau bukan untuk nge-mitigasi perubahan iklim. Gak perlu jadi tukang kebun pro, cukup tanam satu atau dua pohon di halaman rumah.

2. Say No to Plastic, Yes to Reusable.

Plastik itu ibarat mantan yang bikin bumi kesel. Gak usah jadi pengguna plastik berlebihan, beralih ke barang-barang yang bisa digunakan berulang kali.

3. Pakai Kendaran Ramah Lingkungan

Motor atau mobil yang bertenaga listrik atau bahan bakar yang ramah lingkungan itu keren banget. Bukan cuma oke buat kantong, tapi juga buat bumi.

4. Jadi Vegan Challenge Accepted

Gak usah jadi full vegan, tapi coba kurangi konsumsi daging. Produksi daging itu seriusan ngabisin banyak sumber daya dan bikin emisi gas rumah kaca makin tinggi.

5. Share Info dan Bikin Awareness

Kampanye di medsos atau bahkan di kehidupan sehari-hari, bikin orang tahu dan peduli sama perubahan iklim. Dari pada ngeliat drama di sinetron, mending drama bumi ini kita bikin seru!

6. Beri Dukungan ke Hutan

Dukung program pelestarian hutan, dan beli produk yang bertanggung jawab terhadap hutan. Kita punya kekuatan buat ngubah dunia dengan keputusan belanja kita.

7. Gadgets Efisien Energi

Ganti perangkat elektronik yang hemat energi. Mulai dari lampu LED, AC yang ramah lingkungan, sampai gawai yang hemat daya.

8. Kebun di Atas Awan

Urban gardening atau kebun di atap itu keren. Selain ngirit duit, bisa ngeringankan beban bumi. Kalau punya apartemen, bisa juga coba vertical gardening yang kekinian.

9. Perbanyak Jalan Kaki

Utamakan jalan kaki jika berpergian tidak terlalu jauh. Atau paling tidak bisa naik sepeda, skate, atau skuter. Ini keren dan pastinya ramah lingkungan. Plus, sehat buat tubuh, kan?

10. Konservasi Air

Hidup hemat air itu gampang kok. Kita bisa mulai dari hal kecil, kayak matiin keran saat nggosok gigi atau mandi yang singkat.

Faktor Perubahan Iklim (source: IndonesiaBaik)
Jujur sebagai generasi muda saya berharap kita bersatu sebagai masyarakat dan pemerintah untuk mengimplementasikan peran massing-masing. Harapannya pemerintah lebih ketat dalam kebijakan terkait deforestasi dan mempromosikan pelestarian hutan. Pemuda juga ingin melihat investasi lebih lanjut dalam energi terbarukan serta pendidikan yang meningkatkan kesadaran lingkugan.

Jadi, gaes sebagai pemuda kita juga punya peran buat nge-save bumi ini. Kita punya peran aktif dalam menggagas solusi inovatif untuk menjaga keberlanjutan lingkungan. Kita harus #BersamaBergerakBerdaya karena punya teknologi, kita punya ide kreatif, jadi seharusnya jadi lebih gampang buat bersatu melawan perubahan iklim. Saatnya kita jadi generasi yang peduli sama bumi kita. Biar ntar anak cucu kita bisa ngerasain dunia yang lebih hijau dan asik!. Yuk share mimpi kamu terhadap penanganan isu perubahan iklim dan perlindungan hutan!

 

Belum ada Komentar untuk "Sebagai Pemuda Kita Punya Solusi Keren lho buat Nge-save Bumi ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel