Headline Post

Apakah Menabung di Jenius Aman? Kenali Fitur Keamanannya

Percaya atau tidak saya sudah dua kali lho kena tipu yang namanya oknum mengatasnamakan bank. Dan lumayan besar amblas saldonya. Hanya karena saya gampang terpercaya dan mungkin juga belum tau apa-apa tentang perbankan. Lebih tepatnya karena keteledoran saya pribadi yang saat itu gara-gara lupa pin akun m-banking coba hubungi CS bank yang dimaksud via instagram resminya.

Setelah menunggu balasan DM yang cukup lama, akhirnya ada yang menghubungi saya via DM dengan akun bank yang dimaksud. Menanyakan tentang semua terkait akun rekening saya, termasuk kode OTP yang terkirim di HP. Tapi selidik punya selidik ternyata DM itu datang dari akun fiktif atau fake atas nama bank tersebut. Itupun sadar setelah saya cek & ricek akunnya. 

Alhasil saya pun makin panik. Dan benar ternyata saldo di rekening saya bisa dibilang dikuras habis. Udah coba ke kantor cabang bank tersebut untuk melaporkan penipuan yang saya alami. Namun karena ini murni keteledoran saya karena memberikan kode OTP, uang saya tidak bisa kembali. Karena memang tercatat dalam transaksi keluar masuk. Lemes deh badan.

Semenjak kejadian itu saya agak was-was. Karena kejadian yang sama terjadi dua kali. Di dua rekening bank yang berbeda. Sampai pada akhirnya saya hanya memakai satu jenis rekening bank konvensional. Dan satu lagi pakai bank  digital Jenius.

Perkenalan dengan Jenius sebagai bank digital pertama di Indonesia ini lebih karena rekomendasi teman dan juga karena kebutuhan. Lebih jauh lagi Jenius ini daftarnya juga gampang gak mesti harus datang ke kantor cabang mana gitu. Karena saya termasuk orang yang ga mau ribet harus bolak balik ke kantor bank hanya untuk pendaftaran. Belum antre dan persyaratan administratif lainnya.

Keputusan saya memilih Jenius ya karena memang kebutuhan. Di mana selain kerja freelancer sebagai blogger dan influencer saya juga mencoba bisnis online via Facebook. Sehingga Jenius saya fungsikan pada 2 hal, yaitu satu untuk pembayaran langganan aplikasi, kebetulan device saya pakainya Iphone. So, untuk menikmati atau berlangganan aplikasi streaming atau premium untuk pembayarannya saya pakai Jenius ini.

Lalu fungsi yang keduanya adalah untuk bisnis online tadi. Di mana saya tergabung dalam komunitas bisnis menggunakan platform FB Ads. Nah dalam pembayaran iklan di FB ads ini memang unik. Karena tidak semua bank konvensional mengakomodir. Akhirnya sesuai rekomendasi teman pakai Jenius lebih mudah untuk atur pembayaran iklan atau FB Ads tadi. Tinggal top up saldo nanti otomatis akan terpotong sendiri oleh pihak facebook.

Aplikasi Jenius

Dan sampai sekarang saya masih nyaman pakai Jenius ini. Karena memang fitur-fitur di dalam aplikasi memudahkan saya dalam mengelola atau mengatur keuangan. Meski memang dikenai biaya admin untuk setiap transaksinya. Tapi menurut saya itu masih worth it. Faktor kemudahan dan keamanan menjadi hal penting di benak saya.

Apakah Jenius Aman? 

Karena memang dasar utama adalah faktor keamanan dalam menggunakan. Jenius sudah menyediakan fitur keamanan super komplit bisa dibilang, yang mendukung nasabah untuk bertransaksi menggunakan aplikasi dengan aman. Fitur keamanan tersebut antara lain, yaitu keamanan berlapis berupa Personal Identification Number (PIN), kata sandi atau password dan autentikasi biometrik untuk masuk ke aplikasi Jenius, pengaturan limit transaksi, pengaturan PIN di setiap kartu debit, notifikasi yang menyeluruh dan dapat disesuaikan, fitur block & unblock kartu debit Jenius langsung melalui aplikasi, dan fitur Jenius Pay yang membantu nasabah bertransaksi online tanpa perlu memasukkan informasi rahasia yang terdapat di kartu debit di sebuah platfrom digital.

Langkah Keamanan Jenius
Lalu pertanyaannya  apakah beneran aman pakai Jenius? Bukankah hampir semua bank menjanjikan itu semua?



Sejauh saya memakai aplikasi Jenius, aman karena setiap transaksi finansial dibutuhkan otentifikasi 2 tingkat untuk mengakses dan melakukanya. Selain aman juga nyaman karena Jenius itu sendiri sebenarnya bagian dari BTPN yang mana Jenius terdaftar dan diawasi OJK dan dijamin oleh LPS sehingga bisa dipastikan uang atau tabungan aman.

Apalagi dengan meningkatnya kasus rekayasa sosial yang terjadi, seperti yang saya alami, Jenius menambahkan beberapa langkah keamanan bertujuan memperkecil risiko penyalahgunaan akun Jenius oleh oknum yang tidak bertanggung jawab akibat pengguna yang teperdaya memberikan informasi rahasia, termasuk kode OTP. Lagi-lagi seperti yang saya alami. 

Penambahan langkah keamanan tersebut mencakup kebijakan satu perangkat yang terhubung, menutup akses log in melalui situs 2secure.jenius.co.id, dan menutup akses unlink device melalui aplikasi/situs dan mengalihkannya ke Jenius Help 1500365 atau Kantor Cabang Sinaya Bank BTPN.

Terkesan ribet agaknya, tapi sebuah keharusan Jenius dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis untuk memastikan keamanan bertransaksi dan penyimpanan data penggunanya. Menggunakan teknologi berstandar internasional, isolasi dan proteksi data berlapis.

14 Komentar untuk "Apakah Menabung di Jenius Aman? Kenali Fitur Keamanannya"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Memang harus ekstra hati-hati ya buat pilih tempat menabung. Untung Jenius punya sistem keamanam berlapis. Dan sudah dijamin LPS serta diawasi OJK. Jadi nyaman dan aman

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah sih selama pakai Jenius juga aman-aman saja. Tapi memang kita yang kudu aware akan kerahasiaan data pribadi kita. Makanya nggak heran juga kalau app Jenius sering banget kasih notif peringatan ini.

    BalasHapus
  4. Saya juga pakai Jenius, dan sampai sekarang alhamdulillah aman karena security-nya berlapis.

    BalasHapus
  5. Yups sama kak Andik, dulu awalnya juga ragu nih Aman nggak sih nabung di jenius? untungnya nih baca artikel kak Andik jadi merasa Aman dan nyaman ya kak menabung di jenius

    BalasHapus
  6. Duh was-was banget ngalamin saldo sampai dikuras gitu. Tapi sekarang udah ga was-was lagi dengan banyaknya fitur keamanan Jenius yang berlapis ini. Setidaknya bikin orang sulit mau tembus utak atik.

    BalasHapus
  7. Yesss, aman merupakan skala prioritas saat kita menggunakan aplikasi perbankan. Apalagi versi digital, bener-benar harus bisa diandalkan sistem keamanannya. Makanya di Jenius dibuat sistem login dan transaksi yang berlapis-lapis, sudah ada PIN, harus pakai pasword dengan kombinasi yang unik juga. Kode OTP juga dikirim ke HP yang kita pegang, so far insyaAllah aman jaya.

    BalasHapus
  8. iya kak Jenius aman banget kok, saya juga nabung di Jenius dan Alhamdulillah aman aman aja sampe skarang

    BalasHapus
  9. Aku juga ngerasa aman aman aja selama transaksi pake Jenius, karena toh mau masuk aplikasi harus pake PIN / Fingerprint juga. Transfer juga gratis, beli pulsa, bayar tagihan aman

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah selama nabung di Jenius belum ada yang tipu-tipu, kalau pun ada yang berusaha nyamar seolah-olah pegawai Jenius langsung aku block :)

    BalasHapus
  11. Turut prihatin ya kak, udah dua kali saldonya terkuras. Ini apakah kakak sebelumnya pernah kasih kode atau data gitu? Sering sering cek saldo rekening kak, kalau ada yang kiranya mencurigakan akun kita minta diblokir sementara saja.

    BalasHapus
  12. Nabung di Jenius Aman ya kak. Karena sekarang sudah makin di tambah lagi kebijakan mengenai fitur keamanannya berlapis.

    BalasHapus
  13. Memang jenius aplikasi digital terpercaya ya. Selain memberikn fitur lengkap, keamanan untuk transaksi dan menabung terjamin aman

    BalasHapus
  14. Wah setuju nih sebelum menabung ada baiknya kita harus mengenali keamanan fitur produknya dulu ya seperti tabungan Jenius ini kan sudah terbukti keamanannya karena selalu upgrade sistemnya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel