Headline Post

Saatnya Menjadi Konsumen Cerdas dengan GermasPAS

Tidak dapat dipungkiri isu kesehatan selalu menjadi isu penting pemberitaan setiap tahun. Tentang penyakit dan penyebabnya. Ataupun kasus keracunan (makanan) yang selalu ada saja. Itu mengapa menjaga kesehatan perlu digerakkan secara bersama-sama dan simultan.

Saya dan Blogger GermasPAS
Dalam kesempatan tempo lalu saya mendapat undangan blogger dari Kemenkes untuk sosialisasi seputar GERMAS PAS. Sosialisasi yang membahas Gerakan Masyarakat Pangan Aman Sehat di era sekarang dengan segala tantangannya. Sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Aspek kesehatan yang rentan sebagai pemicu memang makanan atau pangan. Di tengah menjamurnya restoran cepat saji ditambah digitalisasi yang mengakses membuat konsumen menjadi lebih leluasa dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Sehingga kadang kurang aware akan mutu atau kualitas dari makanan tersebut.

Kemajuan teknologi memang memudahkan namun juga menyimpan resiko. Karena tidak ada keterjaminan setiap yang kita konsumsi layak baik dari segi makanan itu sendiri ataupun restoran atau penjualnya. Sehingga kasus keracunan makanan bisa diminimalisir setiap tahunnya.

Data KLB
Berdasarkan data Kemenkes dalam tiga tahun terakhir (2016-2018) terjadi 106 kasus keracunan pangan dan ini masuk Kasus Luar Biasa (KLB). Tahun 2016 menncapai 106 kasus, tahun 2017 naik menjadi 163 kasus dan tahun 2017 menjadi 122 kasus. Dan terjadinya kasus keracunan pangan kini kerap terjadi justru dari makanan rumah tangga.

Maka September ini Direjen Kesmas Kemenkes RI menyosalisasikan aplikasi GermasPAS yang dilaksanakan di Holiday Inn, Jakarta. Tujuannya tak lain bagaimana masyarakat sekarang semakin melek dan aware akan kesehatan dirinya sehingga taraf hidup masyarakatpun meningkat.



Apa itu GermasPAS?

GermasPAS adalah aplikasi yang berbasis mobile yang dipergunakan untuk mengkases seputar pangan. Sehingga mempermudah konsumen atau masyarakat untuk peroleh informasi Tempat Pengolah Makanan(TPM) baik rumah tangga, restoran, jasa boga dan depot air minum yang terjamin aman dan sehat sesuai dengan standar higiene sanitasi pangan.

Di dalam aplikasi GermasPAS masyarakat dapat mengakses informasi terkait tempat usaha, lokasi dan status laik higiene. Sehingga kita tahu TPM yang sudah tersertifikasi laik higiene sanitasi pangan atau belum. So, aspek keamanan pangan semakin mudah diakses.

Sertifikat Laik Higiene Sanitasi itu apa?

Laik Higiene Sanitasi Germas
Seritifikat Laik Higiene Sanitasi merupakan bukti tertulis yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang terhadap jasa boga, rumah makan, restoran yang memenuhi persyaratan perundang-undangan. Sertifikat ini ternyata dibatasi masa berlakunya yaitu selama 3 tahun. Sehingga wajib melakukan sertifikasi ulang agar keamanan pangan tetap terus diawasi.


Sertifikat Laik Higiene Sanitasi tidak akan berlaku lagi jika terjadi beberapa hal seperti terjadinya pergantian kepemilikan, pemindahan lokasi, tidak melakukan kegiatan pengolahan pangan selama setahun berturut-turut, terjadinya KLB keracunan pangan di TPP terkait dan telah habis masa berlakunya.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi GermasPAS?

GermasPAS App
GermasPAS adalah aplikasi yang simple sehingga setiap orang akan mudah menggunakannya lewat smartphone. Cukup nyalakan GPS terlebih dahulu untuk titik lokasinya. Setelah itu buka aplikasi GermasPAS, masuk ke menu peta lokasi untuk mengetahui atau mengecek TPP mana yang sudah memiliki sertifikat laik higiene sanitasi. Selanjutnya akan muncul titik koordinat berwarna orange yang berarti TPP tersebut aman dan sehat.


Jika ingin mendatangi ke salah satu TPP bisa langsung pilih salah satu rumah makan yang akan dikunjungi, selanjutnya akan diarahkan menuju lokasi dengan sistem GPS sebagai navigasi. Begitupun jika ingin mencari informasi TPP secara lebih  dalam, bisa masuk ke menu kategori di mana di dalamnya terdapat filter untuk menentukan TPP khusus (Depot Air Minum, Jasa Boga dan Rumah Makan/Restoran)
So, saatnya jadi konsumen cerdas dengan GermasPAS!

Belum ada Komentar untuk "Saatnya Menjadi Konsumen Cerdas dengan GermasPAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel