Headline Post

Cek KLIK, Saatnya Menjadi Konsumen Cerdas di Era Digital.

Di era digital sekarang ini memang segalanya terasa instan dan memudahkan. Hampir segala kebutuhan bisa terakomodir dengan gadget. Termasuk bagaimana membeli obat, makanan ataupun kosmetik dan sebagainya. Namun tidak banyak orang ngeh di balik kemudahan dalam membeli kebutuhan juga tersimpan resiko kesehatan yang mengancam. Maka di era sekarang seharusnya orang mulai bijak menjadi pembeli atau konsumen. Lalu bagaimanakah caranya?

Maka 7 September lalu saya berkesempatan untuk menghadiri sebuah talkshow bersama BPOM bagaimana menjadi konsumen yang cerdas dan bijak dalam memilih obat dan makanan yang aman. Supaya terhindar mengonsumsi obat dan makanan kedaluwarsa konsumen perlu waspada dan proaktif sebelum membeli produk. Caranya adalah dengan melakukan Cek KLIK.

Apa itu Cek KLIK? Adalah upaya bagaimana kita menjadi konsumen yang cerdas dengan Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa. Maka talkshow kemarin pun membuat saya melek tentang memilih  obat dan makanan yang aman bagaimana. Sehingga produk yang digunakan aman sesuai ketentuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Penny Lukito BPOM & Ussy
“Kesadaran dalam memilih dan mengonsumsi obat dan makanan harus dimulai dari setiap individu,” kata Penny K. Lukito di Lippo selaku kepala BPOM di Mall Kemang tempo hari.

Dan saya sepakat mengenai hal tersebut. Karena setiap keputusan yang kita pilih dalam membeli obat dan makanan semua kembali ke kita lagi pada akhirnya. Adanya kampaye Cek KLIK seperti ini masyarakat teredukasi untuk menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya dalam melindungi diri sendiri, keluarga dan lingkungannya.

Cek KLIK
Karena ini pun menyangkut kesehatan dan keselamatan orang banyak maka diperlukan sinergi antar lini untuk menyebarkan edukasi tentang cara memeriksa kemasan, label, izin edar dan tanggal kedaluwarsa. Setidaknya pelaku usaha (ritel) dan lintas sektor terkait termasuk asosiasi dan lembaga sosial masyarakat lainnya. Keterlibatan khususnya usaha ritel bisa artikan sebagai bentuk tanggung jawab pelaku usaha dalam perlindungan konsumen dalam menyediakan produk yang aman.

BPOM sebagai lembaga pengawas memang punya tanggung jawab penuh dalam hal ini. Meskipun begitu peran masyarakat tetaplah yang paling penting dalam menjalankannya. Di era digital sekarang peran masyarakat sebenarnya dipermudah dengan adanya aplikasi yang diluncurkan BPOM. Yaitu BPOM Mobile sebagai terobosan baru BPOM dalam melindungi konsumen. Aplikasi ini bisa diunduh dan instal di semua handphone.

BPOM Mobile merupaka upaya praktis dengan empat menu penting didalamnya yaitu Cek Produk untuk semua produk obat dan makanan. Kita hanya melakukan scanning barcode produknya saja maka akan tertera semua informasi mengenai produk tersebut. Termasuk info legalitas atau terdaftarnya produk yang dibeli.

BPOM Mobile
Menu Berita akan menyajikan seputar isu, informasi serta perkembangan mengenai obat dan makanan dari BPOM. Bahkan setiap produk yang baru terdaftar pun sangat jelas informasinya. Selebihnya dan menu Riwayat Scan dan Pengaduan yang saya lihat konsumen sudah paham dalam fungsinya.

Jika masyarakat belum jelas atau bahkan ingin mengerti lebih banyak seputar BPOM dalam pengawasannya bisa menghubungi BPOM Contact Center. Atau akun media sosial BPOM yang akan sepenuhnya menyediakan informasi yang lebih kekinian dan dekat dengan konsumen. So, dengan Cek KLIK saatnya menjadi konsumen cerdas di era digital.




Belum ada Komentar untuk "Cek KLIK, Saatnya Menjadi Konsumen Cerdas di Era Digital."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel