Headline Post

Qlue dan Nvidia saling Join Kembangkan AI untuk Smart City di Indonesia

Memang tak dapat dipungkiri teknologi menjadi sesuatu yang begitu dekat dewasa ini. Digitalisasi merasuk di hampir semua lini kehidupan dan kemudian mempengaruhinya. Salah satunya adalah teknologi Ai atau Artifical Intelligence sebagai penanda teknologi naik ke satu tahap eskalasi.

Lalu di manakah posisi dan peran AI di Indonesia sekarang ini? Siapa sangka 2016 lalu berdiri sebuah perusahaan bernama Qlue yang punya visi menarik dan fururistik. Qlue menerapkan teknologi AI dengan konsep smart city pertama di Indonesia. Yang kemudian bekerja berdampingan dengan pemerintah Jakarta. Qlue telah memiliki lebih dari 50 kerjasama di berbagai sektor, keamanan, kota mandiri, pemerintahan, penanggulangan pasca bencana, industri dan lain-lain di pemerintahan ataupun swasta di seluruh Indonesia.
Qlue
Qlue App
Dan perkembangan di tahun 2019 ini, Qlue sebagai pioneer dalam teknologi dan ekosistem smart city di Indonesia menyatakan join dengan NVIDIA Inception Program. Yaitu sebuah program akselerator untuk perusahaan rintisan teknologi deep learning dan artificial intelligence. Qlue dan Nvidia akan berkolaborasi melakukan berbagai inovasi teknologi dan mewujudkan Indonesia sebagai smart nation kedepannya.

Setiap startup yang bergabung dalam Nvidia Inception akan mendapatkan berbagai keuntungan yang bertahap, mulai dari pelatihan dari para ahlinya, program hibah hardware serta pemasaran. Hal ini sesuai dengan ungkapan Rama Raditya, sang founder dan CEO Qlue itu sendiri.

“Nvidia Inception program akan membantu kami dalam menyatukan berbagai pengetahuan teknis dan bisnis dalam memberikan solusi artificial intelligence dan deep learning, yang telah tersedia dslam Qlue. Dengan adanya dukungan Nvidia ini diharapkan akan mengoptimalkan teknologi Qlue yang telah ada sebagai bagian dari solusi smart city. Program ini akan membuka akses ke ahli-ahli deep learning, dukungan GPU dan software NVIDIA, pelatihan dari NVIDIA Deep Learning Institute untuk pengembangan Qlue”.
Qlue Team

Adanya kerjasama ini, Qlue sebagai perusahaan dengan visi smart citynya akan mengembangkan produk berbasis artificial intelligence dan deep learning. Berbagai inovasi teknologi Qlue memberikan solusi secara realtime sehingga dapat memberikan analisa dan rekomendasi untuk pengambil kebijakan, baik di tingkat pemerintah ataupun swasta.

Lalu teknologi seperti apakah yang ditawarkan oleh Qlue sejauh ini? Ada QlueVision sebagai solusi analisa video berbasis artificial intelligence untuk mengidentifikasi perilaku manusia, perhitungan kendaraan dan manusia, identifikasi wajah dan plat nomor kendaraan. Ini seperti penggunaan tilang kendaraan via CCTV yang sudah viral di medsos di beberapa kota di Indonesia. QlueVision telah membantu berbagai badan pemerintahan kota/kabupaten dan perusahaan untuk bekerja lebih efisien sekaligus mengurangi kesalahan manusia secara signifikan.

Dukungan dari Nvidia ini akan membantu Qlue untuk ekspansi ke pasar baru dan memastikan teknologi artificial intelligence yang dikembangkan Qlue menjadi yang terdepan dalam solusi dan ekosistem smart city.
Qlue Team

“Kami membangun Qlue untuk mewujudkan gagasan smart city di Indonesia. Program Nvidia Inception akan mempercepat terwujudnya smart city di Indonesia dengan memaksimalkan seluruh potensi Qlue yang akan memberikan peningkatan nilai untuk perusahaan, investor dan masyarakat untuk mempercepat perubahan positif dan menjadikan Indonesia smart nation.” kata Rama.

Saya dan Blogger di Qlue
Tidak ada kata terlambat sih menurut saya, sebagai penikmat medsos mendengar berita Qlue dan kemudia bersanding dengan kata smart city saja adalah sesuatu yang menjanjikan. Ada sesuatu yang baru dan berbau masa depan di situ. Saya suka sekali jika ‘kita’ berperan aktif mengembangkan dan mengaplikasikan dan bahkan memasarkan teknologi AI seperti ini di Indonesia. Saya masih menunggu gebrakan Qlue ke depan seperti apa dengan hasil kerjasama dengan Nvidia ini. Yang jelas arahnya semakin positif dan layak apresiasi serta dukungan. Oh iya, Qlue ternyata tersedia di dalam Appstore dan GooglePlay. Dan pasti bisa diakses secara gratis...Maju terus buat Qlue!



Belum ada Komentar untuk "Qlue dan Nvidia saling Join Kembangkan AI untuk Smart City di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel