Headline Post

Kenapa Content Creator 'Harusnya' Pilih Laptop Mobile Workstation Ini?

Sadar atau tidak memang peran teknologi menjadi kian nyata yak. Teknologi khususnya digital sudah menjadi kenormalan baru sekarang ini. Bahkan teknologi digital sudah mendisrupsi ekonomi, bisnis, pekerjaan dan karir seseorang. Dan agaknya akan terus berkembang lagi dan lagi.

Aku sebagai generasi milenial kadung hanyut dalam pusaran perkembangan digital saat ini. Teknologi digital membentuk dan menghasilkan berbagai profesi baru yang lima atau sepuluh tahun lalu belum ada. Siapa yang tidak familiar dengan istilah profesi content creator saat ini?! Buat techno savvy di era media digital saat ini, content creator adalah profesi baru yang menarik untuk digeluti.

Entah content creator di media sosial seperti instagram, tiktok sampai platform besar seperti youtube. Di mana generasi milenial dan z agaknya menjadi user terbanyak dalam menggunakan teknologi by gadget ini. Jangan-jangan kamu salah satunya?

Masih inget kan sebuah video ketika Presiden Jokowi bertanya kepada salah seorang anak tentang cita-citanya di masa depan. Jawaban anak itu tau gak apa?!. ‘Youtuber’. Hingga pada akhirnya konten youtube mulai bersaing dengan konten televisi sekarang youtube dan TV bercampur sedemikian rupanya saling mengisi satu sama lain.

Youtuber pun butuh yang namanya konten untuk di upload dalam chanelnya. Tidak heran content creator di platform satu ini menjadi trend setter tersendiri. Sebagai pekerjaan, karir bahkan dijadikan ladang bisnis yang menggiurkan.

Ngomongin content creator tidak sah agaknya tanpa membahas ‘alat perangnya’. Nah jika kamu seorang content creator atau berkeinginan menjadi content creator harus tahu dan mulai upgrade tentang PC, laptop dan software di dalamnya. Tanpa alat tersebut akan sangat sulit bersaing untuk mengembangkan chanel youtube atau medsos.

 

Laptop Mobile Workstation

Salah satu idaman saya saat ini sebagai content creator amatir dan pemula ini adalah laptop mobile workstation. Apa sih workstation itu?Kenapa harus mobile workstation?

Laptop Mobile Workstation

Perlu diketahui workstation secara umum dalam bentuk desktop. Nah karena tuntutan hemat tempat dan kenyamanan fitur lahirlah mobile workstation atau workstation dalam bentuk laptop. Lalu apa sih bedanya dengan notebook atau laptop biasa?

 

Laptop Biasa vs Mobile Workstation

Seperti kita ketahui kalau laptop biasa umumnya lebih ditujukan untuk penggunaan reguler seperti browsing, nonton dan pekerjaan dokumen biasa—yang memang tidak memerlukan kinerja yang berat. So, spek laptopnya pun dibuat sesuai kebutuhan.

Laptop Biasa vs Mobile Workstation

Secara fisik sih tidak jauh perbedaannya. Seperti dimensi layar sama yaitu sekitaran 15” atau 17”. Namun peforma dan kinerjanya saja berbeda. Mobile workstation tidak hanya dibekali CPU yang cepat, tapi juga GPU (grafis), memori dan storage yang mumpuni di dalamnya.

Mobile workstation ditujukan untuk kinerja dengan produktivitas tinggi, biasanya jumlah core processor lebih banyak dan GPU yang mampu menangani pekerjaan 2D & 3D berat. Untuk kebutuhan edit dan rendering file besar pun mampu.

Selain hardware yang mumpuni dan cepat, yang membedakan mobile workstation dengan laptop biasa adalah software. Mobile workstation harus mampu mendukung aplikasi mayoritas ISV (independent software vendor), antara lain Adobe, Autodesk, Avid, Dassault, Solidworks,Catia, PTC, Siemens. Mobile workstation juga biasanya perlu tangguh karena bisa saja dipakai di lingkungan kerja yang ekstrem (kotor, berdebu, dingin). Karena itu sebaiknya menyandang sertifikasi MIL-SPEC.  

 

Laptop Mobile Workstation HP ZBook Series

Nah buat kamu yang butuh laptop powerful untuk menunjang pekerjaan edit video content dari multimedia 2D maupun 3D yang berat, mobile workstation adalah jawaban yang pas. Salah satunya yaitu HP ZBook Series ini. Menawarkan spek yang tinggi namun tetap dengan budget friendly. Bisa kok mampir di Synnex Metrodata Indonesia untuk menemukan laptop hingga PC workstation HP lainnya. Kebetulan kantor cabangnya udah di mana-mana di Indonesia.

HP ZBook Series

Karena itulah mobile workstation, seperti HP ZBook Series ini punya beberapa keunggulan sebagai laptop desain terbaik yang boleh diadu performanya. Dipersenjatai prosesor yang powerful seperti Intel Core i7 10th Gen, opsi RAM ECC lebih cepat, HP ZBook Series sebagai mobile workstation terbaik untuk 3D rendering sekalipun. Karena performa sekelas desktop. Kemampuan visual andalan dengan GPU high-end, display dengan akurasi warna tinggi, VR ready serta opsi RAM ECC untuk multitasking pun dijabanin.

Bisa dibilang HP ZBook Series ini adalah pilihan yang tepat untuk content creator karena mengutamakan portabilitas dan kinerja tinggi. karena ditujukan untuk mendesain atau aktivitas rancang-bangun, mobile workstation memang harus punya displai yang layarnya beresolusi tinggi.

Setidaknya itulah alasan kenapa content creator seharusnya sudah pilih laptop mobile workstation untuk kembangkan chanel youtube ataupun bisnisnya. Selain karena bentuknya laptop yang relatif bisa dibawa ke manapun berada. Kadang dengan laptop mobile workstation memungkinkan seseorang yang single fighter tetap bisa jaga idealis untuk pembuatan kontennya. Sekalipun punya tim tidak ada salahnya menggunakan mobile workstation untuk supervisi hasil akhir sebuah konten.

 

 

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Content Creator 'Harusnya' Pilih Laptop Mobile Workstation Ini?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel