Headline Post

GIIAS 2019: Tantangan Astra Financial di Tengah Gempuran Fintech Milenial

Tidak dapat dipungkiri saat ini, digitalisasi produk dan layanan kian mewabah di semua lini. Gaya hidup milenialis yang konsumtif dengan teknologi kini menjadi standar baru ‘menjalani kehidupan’. Begitupun saya sebagai Blogger generasi milenial ikut menari saja di tengah genderangan berbagai macam platform, mulai dari online, marketplace sampai e-commerce. Di platform tersebut agaknya para milenial sekarang sudah menjadi pasar untuk pengenalan sekaligus bermain, sebut saja investasi atau pun asuransi—bukan sekadar belanja saja.

astra financial
Saya di Opening Astra Financial GIIAS 2019
Sebagai generasi milenial saya tertarik dan meng’iya’kan saja ketika Astra Financial mengundang untuk menghadiri opening ceremony pameran otomotif terbesar di Indonesia yang diresmikan oleh Pak Jusuf Kalla ini. Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD City, Tangsel, 18-28 Juli 2019. Dalam peresmiannya Astra Financial dipandu oleh aktris cantik Dian Sastrowardoyo. Saya pun terkejut di hari pertama GIIAS 2019 dibuka untuk umum, pengunjung sudah membludak. Animo masyarakat ternyata tinggi, lebih tinggi dibanding tahun lalu. Pameran mobil baru ini pun menyedot para maniac otomotif untuk berburu.

Saya juga sangat sadar jikalau digitalisasi produk dan layanan tidak hanya terjadi di industri otomotif saja, namun juga di industri keuangan. Lantas mendorong industri keuangan dari berbagai platform untuk mengembangkan produk fintech yang mengakomodir generasi gadget ini. Lalu seperti apakah di GIIAS 2019; bagaimanakah Astra Financial berinovasi di tengah gempuran fintech era milenial ini!?

So, seirama dengan tema GIIAS 2019 “Future in Motion” yang erat kaitannya dengan inovasi terbaru dan digitalisasi di industri otomotif. Astra Financial tahun ini mengangkat tema “Inspiring Financial Solution” sebagai wujud dari value proposition Astra Financial yaitu Best Value, Integrated dan Speed.

giias 2019
Jajaran Petinggi Astra Financial GIIAS 2019
Tema ini diwujudkan dengan menyediakan solusi keuangan yang value bagi pelanggan, meliputi layanan pembiayaan, asuransi sampai perbankan, yang secara sinergis disediakan oleh Astra Financial. Pada GIIAS 2019 ini merupakan kali kedua Astra Financial sebagai sponsor utama, sebelumya tahun 2018 lalu. Di tahun 2019, Astra Financial kembali mengerahkan 6 dari 11 Lembaga Jasa Keuangan (LJK) untuk meramaikan dan menyukseskan GIIASS Jakarta 2019 ini. 

Sekalian mengintip inovasi-inovasi apa yang ditawarkan Astra Financial lewat LJKnya yang mencakup Pembiayaan, Asuransi, Perbankan, Modal Ventura, Dana Pensiun dan Teknologi Keuangan. Utamanya bagaimana Astra Financial—yang bagi milenial seperti saya—tidak menganggap kalau Astra Financial sepertinya diperuntukkan untuk orang-orang berrekening dengan digit angka sekian-sekian, he he he.  

Merangkum penjelasan Project Director GIIAS 2019 yang juga Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra Gunawan Salim, Astra Financial menargetkan pembiayaan sebesar Rp 1 triliun selama pelaksanaan pameran otomotif GIIAS 2019 ini. Jumlah itu agaknya sama dengan pencapaian GIIAS tahun lalu. Dengan melihat kondisi pasar kendaraan yang masih suram apakah tercapai?

“Kondisi ekonomi lagi lesu, daya beli masyarakat turun.” 
“Apalagi tahun ini juga merupakan tahun politik yang berdampak pada menurunnya penjualan otomotif,” kata Gunawan di sela-sela pameran GIIAS 2019, Sabtu (20/7/2019), (Tribunnews.com).

Meski tak membidik target yang lebih besar dibanding tahun lalu, tapi dia mengaku kaget pada keramaian yang terjadi di GIIAS 2019 sejak awal pertama pameran dibuka. Hal itu dibuktikan dengan adanya enam aplikasi pengajuan pada hari pertama sementara tahun lalu booth Astra benar-benar kosong.

Menggarisbawahi pula pernyataan Suparno Djasmin yang merupakan Director in Charge Astra Financial (termasuk Direktur PT Astra International Tbk) dan Gunawan Salim selaku Project Director GIIASS 2019 Astra Financial (termasuk CMO Business Asuransi Astra) bahwa Astra Financial menawarkan berbagai program menarik yang dihadirkan untuk memberi nilai tambah kepada para pelanggan.

Karena menurut Wimboh Santoso (Ketua Dewan Komisioner OJK) tantangan jasa keuangan Indonesia yaitu masih rendahnya size dan daya saing dibandingkan dengan negara-negara di kawasan. Berkembang pesatnya financial technology atau fintech yang mesti dijawab dengan kebijakan strategis yang cepat dan tepat.

Tantangan berikutnya harapan akan sektor jasa keuangan ini menjadi solusi bagi upaya penurunan  tingkat ketimpangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.  Caranya yaitu upaya peningkatan literasi keuangan dan penyediaan akses keuangan untuk masyarakat luas. (Warta Ekonomi).

Sejauh ini saya menangkap dua hal penting yang masuk dalam radar milenial saya, Astra Financial menawarkan program unggulan dan inovasi teknologi dalam layanan keuangan. Dan ini merupakan hal yang bagus dan linear dalam menjawab tantangan LJK dari OJK selama ini. Lalu saya pun coba telusuri inovasi dan program unggulan apakah yang disuguhkan Astra Financial lewat 6 LJKnya di GIIAS 2019 ini?

Konsepnya pun sangat menarik booth Astra Financial. Pada GIIAS 2019 ada enam booth yang disebar di seluruh area pameran, di mana setiap booth punya aktivitas masing-masing yang bisa diikuti pengunjung untuk mendapatkan kemudahan solusi pembiayaan, perbankan dan asuransi. Main booth Astra Financial terletak di Hall 2, sementara booth ACC dan TAF berada di Nusantara Hall, booth FIFGROUP di Hall 9, booth PermataBank berada di Hall 7, booth Asuransi Astra di Hall 10 dan booth Astra Life di Hall 3.  

“Inspiring Financial Solution”

Sejarah Astra Financial sendiri bermula di tahun 1981, saat Astra International Tbk. Membeli saham mayoritas PT. Maskapai Asuransi Buana atau Asuransi Astra yang berdiri tahun 1957. Seiring dengan perkembangan usahanya, Astra Financial semakin menggurita menjadi 11 lembaga jasa keuangan. Meliputi ACC, TAF, Asuransi Astra, PermataBank, FIFGROUP dan Astra Life (sebagai sponsor utama GIIAS 2019). Lalu ada SANFinance, Komatsu Astra Finance (KAF), Astra Ventura, Dana Pensiun Astra serta Maucash.

Dalam hal inovasi teknologi, Astra Financial melalui 6 lembaga jasa keuangan tersebut kini telah memiliki aplikasi-aplikasi digital bagi pelanggan khususnya generasi milenial untuk mendapat layanan keuangan dengan cepat dan mudah, kapanpun dan dimanapun. Menariknya Inovasi yang Astra Financial kembangkan, tidak terbatas pada aplikasi yang ada digenggaman tangan. Secara Astra Financial juga telah banyak melakukan digitalisasi proses bisnis untuk mendukung efisiensi dan efektifitas operasional.

Khusus di GIIASS 2019 Jakarta nih, buat milenialis yang akan berkunjung ke booth Astra Financial akan dimanjakan aplikasi digital dan permainan-permainan edukatif dan interaktif bertemakan literasi keuangan yang khusus disiapkan buat pengunjung GIIAS di setiap booth Astra Financial.

LJK dalam Astra Financial selalu berinovasi mengembangkan produk yang dibutuhkan masyarakat dan menerapkan teknologi terkini. Untuk perbankan ada aplikasi PermataMobile X. Untuk pembiayaan terdapat aplikasi ACCYess!, FIFGROUP Mobile Customer dan aplikasi TAF: Toyota FLEX serta Daihatsu FLEX. Sedangkan asuransi tersedia aplikasi Garda Mobile Otocare, HappyOne.id dari Asuransi Astra, serta Asuransi Jiwa Online di ilovelife.co.id dari Astra Life.

Ini yang saya suka dari Astra Financial, di pameran otomotif sekelas GIIAS begitu kentara komitmennya dalam upaya mendukung program strategis pemerintah untuk meningkatkan daya saing industri jasa keuangan. Terutama dalam hal penerapan teknologi dalam pengembangan produk dan layanan yang selalu jor-joran alias totalitas.

“Program Unggulan”

Totalitas Astra Financial sebagai sponsor utama pada GIIAS 2019, tak lengkap rasanya tanpa menghadirkan promo dan program bunga dan biaya administrasi spesial serta hadiah langsung. Nah, berikut ini saya rangkumkan booth Astra Financial beserta lokasi booth termasuk program-program unggulan di dalamnya. Setiap pengunjung setiap hari berkesempatan memenangkan iPhone XS dan iWatch serta hadiah langsung lainnya. Terutama setiap pengajuan Surat Pengajuan Kredit (SPK) mobil (melalui ACC dan TAF) dan Big Bike (memalui FIF).

giias 2019
ACC & TAF Astra Financial GIIAS 2019
Booth ACC & TAF (Nusantara Hall).
Astra Credit Companies. Layanan pembiayaan yang telah beroperasi sejak tahun 1982, meliputi pembiayaan mobil baru/bekas, alat berat dan multiguna. Sementara TAF telah menyediakan layanan kredit mobil sejak 2006 di bawah PT Toyota Astra Financial Services. Melayani pembiayaan utamanya krtedit mobil Toyota, Daihatsu dan Lexus, pembiayaan investasi dan modal kerja. 

Dalam kesempatan GIIAS 2019 menawarkan kredit mobil 0% atau bunga spesial 0% (khusus tenor 1 tahun, DP 25% ADDM), potongan biaya admin 1 juta Rupiah. Berkesempatan memenangkan iPhone XS dan iWatch serta hadiah langsung lainnya untuk SPK Mobil. Untuk setiap pengajuan Surat Pengajuan Kredit mobil. Dapatkan hadiah langsung Car Trunk untuk pembiayaan mobil yang telah disetujui melaui ACC dan TAF. Jika berencana beli mobil baru dengan kredit mobil murah pasti berurusan dengan jasa keuangan ini.

giias 2019
FIFGROUP Astra Financial GIIAS 2019
Booth FIFGROUP (Hall 9).
PT Federal International Finance bergerak dalam bidang Sewa Guna Usaha, Anjak Piutang dan Pembiayaan Konsumen. Atau orang akan familiar layanan kredit motor. Di mana sejak 1996 FIFGROUP fokus pada pembiayaan kredit motor merk Honda. Dan saat ini berkembang ke empat segmen. FIFASTRA (pembiayaan motor Honda), SPEKTRA (pembiayaan elektronik & perabotan rumah tangga), DANASTRA (pembiayaan multiguna dan modal kerja) dan AMITRA (pembiayaan syariah).

Bunga cicilan 0% (tidak termasuk Big Bike dan tenor hanya setahun). DP mulai 20% (berlaku hanya untuk Vario dan Beat Series). Hemat Angsuran hingga 3,5 juta Rupiah (berlaku untuk tenor 3 tahun). Lucky Draw Helm dan Jaket keren.

giias 2019
Asuransi Astra Astra Financial GIIAS 2019
Booth Asuransi Astra (Hall 10).
Asuransi umum yang memiliki deretan produk berkualitas (Garda Oto, Garda Motor, Garda Medika, HappyOne.id, asuransi komersil dan syariah).  
Setiap 150 Pembeli pertama Asuransi Comprehensive Garda Oto akan mendapatkan 1 buah Gift Set untuk pembelian tunai.




giias 2019
Astra Life Astra Financial GIIAS 2019
Booth Astra life (Hall 3).
Perusahaan asuransi jiwa yang terbentuk di tahun 2014. Kolaborasi dari PT Astra International Tbk. Dan Aviva International Holding Limited. Berbagai pilihan produk dipasarkan melalui kanal-kanal distribusi, baik asuransi jiwa perorangan maupun perusahaan.
Untuk pembelian produk Asuransi Jiwa mendapatkan special cashback dan customer rewards. Perlindungan jiwa untuk kredit kendaraan khusus nasabah TAF dan ACC.

giias 2019
PermataBank AstraFinancial GIIAS 2019
Booth PermataBank (Hall 7).
Hasil dari merger lima bank di tahun 2002 terbentuk PermataBank. Dan berkembang pesat menjadi bank swasta utama dengan produk dan jasa inovatif dengan layanan keuangan yang menyeluruh secara sederhana, cepat dan diandalkan sekarang ini.

Permata Tabungan Bebas. Cashback 10% hingga 500 ribu rupiah perbulan. Cashback 100% untuk transaksi pertama. Gratis Tarik tunai di semua ATM Bank mana saja.
Astra World PermataCard. Cashback 10% di SPBU. Cashback hingga 500 ribu rupiah untuk aplikasi yang disetujui dan telah bertransaksi.

Seseruan di Booth Astra Financial
Saya tidak menampik Astra Financial adalah perusahaan Financial yang berkelas dengan inovasi yang kekinian. Sebagai sponsor utama dalam GIIAS 2019, saya merasakan betapa booth Astra Financial ini benar-benar dikemas secara apik, disertai pelayanan ramah dari para petugasnya yang good looking. Karena tidak saja menawarkan program unggulan dan inovasi produk ataupun layanannya saja. Setiap pengunjung pun diajak untuk seseruan dengan bermain di setiap booth Astra Financial. Konsepnya seperti bagaimana bermain sekaligus edukasi seputar keuangan.
giias 2019
Petugas Booth Astra Financial GIIAS 2019

Saya pun penasaran untuk mencobanya. Kenapa tidak, lha wong bermain sambil iseng-iseng pun mendapat hadiah yang bisa dibawa pulang.

Pola permainannya juga cukup mudah tapi juga menantang. Di mana setiap pengunjung yang datang ke booth Astra Financial cukup memainkan satu game yang ada. Itu pun tidak setiap booth harus bermain. Cukup 3 booth saja dari 6 booth. Dua booth umum di Astra Financial boleh FIFGROUP, ACC & TAF, Asuransi Astra, PermataBank dan seterusnya. Lalu menuju booth utama di main booth Atstra Financial di Hall 2 untuk bermain sekaligus mengambil hadiah.
giias 2019
Game di Booth Astra Financial GIIAS 2019

Aturan permainannya gampang, follow akun IG @AstraFinancials dan lakukan scan barcode via handphone tiap selesai permainan ke gadget mbak-mbak cantik penjaga booth, sebagai tanda kalau pengunjung sudah memainkan berapa permainan. Alhasil saya pun pulang membawa Bumbag bergambar logo Astra Financial sebagai hadiah. (Lebih lengkapnya bisa meluncur ke instagram Astra Financial)

Sebagai penutup, Astra Financial yang berangkat dengan 11 usaha jasa keuangan yang ada saat ini adalah modal yang penting untuk menjawab tantangan industri keuangan di masa mendatang. Apalagi dengan sebagai sponsor utama dalam pameran sebesar ini. Inovasi yang identik dengan teknologi juga diterapkan di setiap platform bisnis sebagai jawaban kebutuhan pasar era sekarang (milenial).
Karena Tahun ini tidaklah berbeda jauh dibanding tahun lalu, merupakan tahun yang positif bagi Astra Financial sebagai corporate identity yang baru, menjadi sponsor utama GIIAS 2019 dan mengembangkan  lini bisnis baru di bidang financial technology atau fintech.

Sehingga komitmen Astra Financial untuk memajukan industri keuangan atau pun otomotif secara nasional semakin terbuka lebar. Sekaligus mengaminkan segenap harapan untuk mewujudkan misi menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan Indonesia.

#SenyumAstraFinancial
#AstraFinancial
#GIIASJAKARTA
#GIIAS2019












24 Komentar untuk "GIIAS 2019: Tantangan Astra Financial di Tengah Gempuran Fintech Milenial"

  1. Wah tahun ini saya gak sempet ke sini nih, duh semoga tahun depan bisa. Oh iya, kalau mau baca seputar fotografi boleh mampir ke web saya di gariswarnafoto.
    Salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya mas zaki, semoga tahun depan bisalah ya ke event ini. Tunggu yak kunjungan balik dr saya salam

      Hapus
  2. Semoga ekonomi semakin stabil ya mas, jadinya kita yang milenial ini bisa ikut partisipasi bukan di acaranya aja, tapi juga ikut astra financial juga.. hehehe

    BalasHapus
  3. Astra Financial benar-benar terpercaya sebagai mitra keuangan masyarakat Indonesia, walaupun disana sini adanya tantangan dengan munculnya fintech2 baru. Dengan didukung oleh aplikasi digital akan memudahkan pengguna dalam mengakses informasi dan memanfaatkannya.

    BalasHapus
  4. GIIAS beneran kece dan spektakuler banget ya, astra financial top deh.
    keren banget games-gamesnya, bikin makin seru aja ya :)

    BalasHapus
  5. Wah, sepertinya sangat menarik bisa berkesempatan untuk hadir diacara keren Astra. Kemarin sempat lihat juga teman2 blogger di acara GIIAS dari post instagram. Keren.

    BalasHapus
  6. Astra emg selalu keren eventnya. Sayang ga sempat dtg tahun ini. Semoga tahun depan bs deh

    BalasHapus
  7. Bersyukur banget ya, teman-teman bisa dapat undangan ke pameran otomtifnya Astra. Biasanya banyak banget produk terbaru yg menarik perhatian

    BalasHapus
  8. Selain bisa ngelihat perkembangan otomotif terbaru, senengnya dapteng ke pameran otomotif seperti GIIAS ini banyak games berhadiah dan promo menarik lainnya.

    BalasHapus
  9. Bagus ya konsep acaranya, ada games. Keluarga besar saya nasabahnya Astra Finance ini. Prosesnya cepat dan pelayanannya ok. Top deh Astra Finance

    BalasHapus
  10. Asik ya bisa bermain di booth astra. Spg nya cantik semua. Jadi pengen ngajak wefie

    BalasHapus
  11. Salut dengan komitmen Astra Financial dalam memajukan industri keuangan juga otomotif secara nasional. Semoga terwujud misi menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan Indonesia.

    BalasHapus
  12. Astra juga punya beberapa aplikasi digital utk bbrp produknya kan ya kalau gak salah :D
    Aku ada salah satu asuransinya yg aku ikuti pakai platform digital.
    BTW Astra itu all out ya ngasi banyak promo dan penawaran menarik buat pengunjung GIIAS kmrn? Moga makin sukses

    BalasHapus
  13. Paneran GIIAS ini memang keren sih, Mas. Jadi kalau animo masayarat tahun ini semakin meningkat, sangat wajar. Di GIIAS, orang databg sudah paket komplit. Lihat mobil, suka, bisa langsung mengajukan pembiayaan.

    BalasHapus
  14. Aku berkesempatan ke GIAAS juga. Kalau dilihat acaranya emang kereen banget bikin mupeng bertubi-tubi he..he... Beberapa kali event besar, Astra ini keren banget sebagai sponsor utamanya.

    BalasHapus
  15. Waktu ke GIIAS aku juga mampir ke booth ini dan ikut gamesnya hehe lumayan dapet hadiah tas slempang.

    BalasHapus
  16. Waahh klo ada pilihan banyak gt, enak bgt ya. Tinggal mampir, tanya2 klo udah sesuai dgn kebutuhan. Langsung sign deh

    BalasHapus
  17. Jaman sekarang enak ya.. Pingin beli mobil baru, mau pilih dan nyarinya gampang. Apalagi kalo ada pameran seperti GIIAS gini. Dan jika kredit enaknya lagi bisa online

    BalasHapus
  18. Memang selalu ada alasan untuk datang ke GIIAS 2019 ya. Apalagi berbagai promo menarik yang ditawarkan Astra Financial untuk pembelian mobil baru.

    BalasHapus
  19. GIAAS baru diadakan di medan kemarin mas. Tapi sayang aku belum berkesempatan datang. Padahal acaranya cukup menarik kayaknya ya.

    BalasHapus
  20. Saya blum pernah ke GIIAS . tapi banyak teman teman yg mengupdate di media sosial tentang keseruan acara GIIAS kemarin .

    Sangat menarik dan banyak promo ya ternyata disana . Pantes teman saya rela jauh jauh kesana loh

    Semoga tahun depan bisa kesana dan bisa beli mobil biar dapat penawaran menariknya jugaa . Aamiin

    BalasHapus
  21. keren


    kunjungi situs bandar togel online terbaik yang aman dan terpercaya, dan dapatkan uang melimpah untuk membantu perekonomian anda di tengah pandemi ni
    daftar sekarang juga di http://masbrotogel.com/

    BalasHapus
  22. mainkan slot online dan menangkan uang hingga jutaan rupiah. klik https://wehangfire.com/

    BalasHapus
  23. Merkur & Ferencia: Merkur & Ferencia Merkur
    Merkur & https://access777.com/ Ferencia merkur - Merkur herzamanindir.com/ & Ferencia Merkur in Solingen, Germany - https://febcasino.com/review/merit-casino/ Merkur - Merkur Merkur - MERKUR - 도레미시디 출장샵 Merkur & Ferencia Merkur

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel